Biaya Operasional WeCare.id?

Belakangan kami sering sekali mendapat banyak pertanyaan apa itu dana operasional WeCare.id dan kenapa dikenakan 10% per-pasien? Kenapa tinggi sekali?

Tentang 10% dana operasional WeCare.id, benar sekali kami adalah lembaga nirlaba yang terdaftar dengan entitas Yayasan Pelita Cakrawala Inspirasi dengan tidak berorientasi untuk mencari keuntungan, hanya saja kami tetap membutuhkan dana operasional untuk menjaga keberlangsungan situs WeCare.id sendiri, 10% dana operasional tersebut tidak digunakan untuk  membiayai operasional WeCare.id dalam menangani satu pasien tersebut saja namun akan dihimpun untuk mendukung operasionalisasi WeCare.id perbulannya.

Saat ini kapasitas WeCare.id baru dapat menangani kurang lebih 6-10 pasien per-bulan dengan total pendanaan berkisar di antara Rp 100 – 200 juta, sehingga dapat diukur setiap bulan dari dana 10% tersebut kurang lebih WeCare.id baru menerima sebesar 10-20 juta untuk biaya operasional.
Sementara untuk mengelola situs ini rata-rata dibutuhkan kurang lebih 20-35 juta perbulan untuk menutup biaya-biaya sebagai berikut:
  • Biaya marketing (social media ads, video marketing, dll)
  • Biaya staff & pekerja lepas pengelola WeCare.id (IT, Medical Ops, Operations, Marketing & Partnership, Design, dll)
  • Biaya infrastruktur teknologi WeCare.id (AWS server, mandrill, mailchimp, analytics, dll)
  • Biaya administrasi & office
  • Overhead lainnya

Jika dibandingkan dengan pengeluaran yang kami keluarkan tentunya masih jauh sekali dari konteks profitable. Sehingga kamipun masih harus mencari sumber pendanaan dan revenue lain di luar 10% donasi untuk menutup kekurangan biaya operasional baik dari CSR, lembaga donor ataupun pemerintah. Kami terus mengusahakan agar biaya operasional 10% dapat segera kami kurangi dalam waktu dekat. 🙂

Kami akan menerbitkan laporan finansial WeCare.id setiap akhir tahun sehingga penggunaan dana operasional-pun dapat diakses oleh publik, sementara untuk transparansi distribusi dana untuk pasien dapat diakses melalui http://wecare.id/transparansi

Apabila ingin berdonasi untuk mendukung operasionalisasi WeCare.id, dapat dilakukan dengan melalui tautan sebagai berikut https://wecare.id/bantu-keberlangsungan

Terimakasih banyak untuk dukungan dan perhatiannya terhadap WeCare.id. Apabila ada yang belum jelas, kami terbuka untuk pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut.

Salam,

Gigih
Co-Founder | WeCare.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *