#UpdatePasien WeCare.id – Melatul (11 tahun)

Melatul, siswi kelas 5 SD di daerah Bogor merupakan pasien anak yang melakukan rawat jalan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo yang mendapatkan bantuan dana melalui WeCareID. Sejak usia 1,5 tahun, anak berusia 11 tahun ini didiagnosis dengan Penyakit Jantung Bawaan, di mana terdapat lubang pada sekat jantung akibat kelainan struktur jantung. Tindakan yang telah dilakukan pada pasien Melatul pada usia 1 tahun adalah operasi untuk menutup lubang pada jantungnya. Sejak usia 1 tahun sampai sekarang Melatul terus melakukan kontrol rutin untuk melihat kondisi jantungnya, namun pada awal tahun 2016 ditemukan hidrosefalus atau penumpukan cairan di otak pada Melatul.

Kondisi ekonomi keluarga Melatul tergolong sangat tidak stabil, dengan pekerjaan Bapak
Melatul sebagai penjual roti di stasiun tidak dapat diprediksi setiap hari pendapatannya.
Penghasilan keluarga Melatul tidak cukup untuk menanggung biaya pengobatan di luar biaya yang ditanggung BPJS seperti pembelian popok, transportasi dan pembelian susu khusu untuk perbaikan gizi Melatul. Penggalangan dana dari WeCare.ID ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gizi Melatul agar keadaan gizinya membaik sehingga dapat melakukan operasi sesegera mungkin.

Bantuan dana dari donatur melalui WeCareID telah dapat memenuhi kebutuhan susu khusus untuk Melatul sehingga ia dapat melakukan perawatan intensif lanjutan. Setelah mendapatkan perawatan intensif, menjalani operasi pemasangan selang di otak,
serta mendapatkan asupan nutrisi dari selang hidung selama berbulan-bulan, akhirnya
Melatul dapat berobat jalan. Saat ini Melatul dan ibunya tinggal di sebuah rumah
penampungan di dekat RSCM, karena rumah miliknya jauh dan ia perlu kontrol ke RSCM
hampir setiap hari. Melatul masih memerlukan kontrol berkala dari poliklinik jantung, neurologi, rehabilitasi, dan psikiatri. Meskipun begitu, Melatul tampak cukup riang dan bersemangat di atas kursi rodanya.

Berkat donatur WeCare.ID, kondisi Melatul secara perlahan membaik dan dapat melanjutkan ke perawatan lanjutan. Dana yang berhasil dikumpulkan oleh WeCare.ID dari para donatur telah diberikan langsung dalam bentuk susu kepada Melatul. Ingin menolong pasien lainnya seperti Melatul? Yuk berdonasi melalui WeCareID agar dapat menolong pasien yang membutuhkan dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, merata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *